RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 5 Surabaya
Program Keahlian : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran : Gambar Teknik Bangunan
Topik Pelajaran : Menjelaskan Dasar-dasar Gambar
Teknik
Kelas/ Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti SMK Kelas X
1.
Menghayati dan
mengamalkan jaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humoniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan pada peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
tentang gambar teknik.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan menciptakan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya
diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berfikir dalam memilih dan
menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.1 Mampu
mentrasformasikan diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar gambar teknik.
2.3 Menunjukan
sikap bertanggung jawab, rasa ingintahu, jujur dan perilaku peduli lingkungn
4.1 Menjelaskan Dasar-dasar Gambar
Teknik
C. Indikator Pencapaian Konseptual
1.
Dapat menjelaskan definisi menggambar teknik
2.
Dapat menjelaskan pengertian dan fungsi skala
3.
Dapat menentukan penerapan skala pada gambar.
Dengan
kegiatan proses pembelajaran tentang dasar-dasar gambar teknik ini diharapkan
siswa :
1.
Terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran
2.
Bertanggung
jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan
kritik.
3.
Dapat
menjelaskan definisi menggambar teknik
4.
Dapat
menjelaskan pengertian dan fungsi skala pada gambar
5.
Dapat menentukan
penerapan skala
6.
Dapat menghitung
skala gambar
E. Materi Gambar Teknik
Pembelajaran
ini mencakup pencapain kompetensi yang menjelaskan materi sebagai berikut :
·
Definisi
menggambar teknik
·
Pengertian dan
fungsi skala
F. Model/ Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Pembelajaran
langsung
Metode
Pembelajaran : ceramah,
demonstrasi, tanya jawab
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø KEGIATAN AWAL ( 10 menit )
Kegiatan
|
Penilaian
oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
v Guru
mengawali pertemuan dengan salam.
v Guru
menyampainkan tujuan kegiatan pembelajaran memotivasi dan manfaat hasil
belajar yang diperoleh siswa. (fase 1 )
v Siswa
menyimak prosedur yang disampaikan oleh guru (fase 1)
|
Keterangan : 1
: tidak kondusif
2
: cukup kondusif
3
: kondusif
4
: sangat kondusif
Ø KEGIATAN INTI ( 165 menit )
Kegiatan
|
Penilaian oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
v Dalam
keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan tentang definisi
menggambar teknik dan tujuan pengembangan konstruksi bangunan. (fase 2)
v Dalam
keadaan siswa duduk dan memperhatikan dari skala gambar. (fase 2)
v Dalam
keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan cara menskala gambar.
(fase 2)
v Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan. (fase 3)
v Guru
memberikan lembar kerja siswa (LKS) sambil memberi pengarahan. (fase 3)
v Siswa
mengerjakan LKS, guru melakukan penilaian afektif.
v Siswa
menjawab secara lisan beberapa pertanyaan dari guru sebagai umpan balik.
(fase 4)
v Guru
memberikan pelatihan lanjutan berupa lembar penilaian analisis dari materi
yang telah didapat (fase 5)
v Guru
mengomentari jawaban siswa dan menyimpulkan hasil belajar secara keseluruhan.
|
Keterangan : 1
: tidak kondusif
2
: cukup kondusif
3
: kondusif
4
: sangat kondusif
Ø
KEGIATAN AKHIR (
5 menit )
Kegiatan
|
Penilaian oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
v Dalam
keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan tentang definisi
menggambar teknik dan tujuan pengembangan konstruksi bangunan (fase 2)
v Dalam
keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan pengertian dari skala
gambar (fase 2)
v Dalam
keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan cara menskala gambar
( fase 2)
v Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan. (fase 3)
v Guru
memberikan lembar kerja siswa (LKS) sambil memberi pengarahan. (fase 3)
v Siswa
menjawab secara lisan beberapa pertanyaan dari guru sebagai umpan balik.
(fase 4)
v Guru
memberikan pelatihan lanjutan berupa lembar penilaian proses kepada siswa
berupa pertanyaan analisis dari materi yang telah didapat. (fase 5)
v Guru
mengomentari jawaban siswa dan menyimpulkan hasil belajar secara keseluruhan.
|
Keterangan : 1
: tidak kondusif
2
: cukup kondusif
3
: kondusif
4
: sangat kondusif
H. Hasil Penilaian
Penilaian selama kegiatan pembelajaran yang
dilakukan didalam kelas dengan menggunakan LP 1 sampai LP 4.
I.
Sumber Belajar
Ø Modul : Teknik konstruksi bangunan, jilid 2
Ø Media ajar : LCD
Ø LKS
Ø LP 1 : Proses
·
PENGERTIAN
MENGGAMBAR TEKNIK
Gambar teknik merupakan suatu bentuk ungakapan dari
suatu gagasan atau pemikiran mengenai suatu sistem, proses, cara kerja,
konstruksi, diagram, rangkaian dan
petunjuk yang bertujuan untuk memberikan instruksi dan informasi yang
dinyatakan dalam bentuk gambar, atau lukisan teknis.
Didalam bentuk industri, gambar teknik merupakan
salah satu alat yang menunjang bagi kegiatan produksi, Hal itu disebabkan pada
proses produksi gambar teknik yang dibutuhkan sebagai alat komunikasi antara
perencana dengan pelaksana dalam bentuk bahasa gambar yang diungkapan secara
praktis, jelas, mudah dipahami oleh kedua belah pihak. Untuk itu perencana
harus memberikan gambar yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan
mudah dipelajari oleh pelaksana sehingga pelaksana dapat memberikan suatu
kesimpulan yang benar mengenai bentuk dan ukuran dari benda kerja yang akan dibuat.
Dengan demikian menggambar teknik yang dimiliki oleh
seorang teknisi berkaitan dengan perencanaan dan suatu metode penuangan ide
yang hasilnya harus dapat dibaca oleh pihak-pihak lain yang terkait.
Keterampilan dasar yang dimiliki oleh seorang
teknisi berkaitan dengan kemampuan menggambar teknik harus mampu memilih,
menggunakan atau merawat peralatan gambar secara baik dan benar. Untuk
memperoleh gambar teknik yang baik tentunya diperlukan perlatan yang baik pula.
Alat dan perlengkapan gambar yang dibutuhkan dalam
menggambar teknik antara lain:
KERTAS GAMBAR
a.
Kertas kalkir
b.
Kertas manila
PENSIL GAMBAR
a.
Pensil batang
b.
Pensil mekanik
RAPIDO
PENGGARIS
a.
Penggaris T
b.
Penggaris
segitiga
JANGKA
a.
Jangka Biasa
b.
Jangka Bagi
c.
Jangka Pompa
d.
Jangka Pegas
e.
Batang Pemegang Pena
Tarik
f.
Pena Tarik (TREK
PEN)
PENGHAPUS dan ALAT PELINDUNG PENGHAPUS
ALAT-ALAT PENUNJANG LAINNYA
a.
Busur Derajat
b.
Sablon Huruf dan
Angka
c.
Mal Lengkung
d.
Mal Bentu
MEJA GAMBAR
MESIN GAMBAR
·
SKALA GAMBAR
Skala Gambar
Untuk
menggambar benda dalam kertas gambar agar dapat dilhat dengan jelas maka perlu
adanya pengaturan letak gambar dan besar kecilnya gambar. Dengan penampilan gambar
sesuai dengan proporsi dan ketentuan dalam penggambaran maka gamabra akan
terlihat menjadi baik. Skala adalah perbandingan antara obyrk aslinya turunan
pandangan, baik perbandingan diperbesar atau pun perbandingan diperkecil dari
bentuk aslinya.
Pada prinsipnya penggunaan skala dapat dibagi
menjadi :
-
Skala mendatar
(horisontal)
-
Skala tegak (vertikal)
-
Skala kemiringan
-
Skala balok
Cara perbandingan besaran skala :
Sebagai contoh kita mau menggunakan
skala 1 : 100, sedangkan yang akan kita gunakan dalam penggambaran dalam
milimeter (mm), dan obyek aslinya menggunakan meter (m), maka 1 m = 1000 mm.
Jadi penggambaran skala 1 : 100 menjadi
1000 mm : 100 mm = 10 mm = 1 cm untuk setiap 1 meter ( obyek aslinya).
·
Skala mendatar (horisontal)
Skala yang menyatakan
arah perbandingan ukurannya mendatar
·
Skala Tegak (vertikal)
Skala yang menyatakan
arah perhitungan perbandingan ukurannya tegak. Perbandingan ini biasanya
dipergunakan untuk menyatakan ketinggian yaitu yang terlihat dalam gambar
potongan.
·
Skala Kemiringan
Skala
yang menyatakan perbandingan antara sisi tegak dan sisi mendatar, sehingga
mendapatkan hasil kemiringan suatu lereng atau kemiringan dataran, dan dapat
juga dipakai pedoman dalam menentukan kemiringan saluran untuk arah pengaliran.
·
Skala Balok
Skala
yang menyatakan perbandingan antara ukuran gambar yang diperkecil atau
diperbesar tidak sesuai aturan. Gambar balok sudah diukur berdasarkan skala
awal. Jadi skala yang dibuat mengikuti perbandingan panjang balok, karena bila
diperhitungkan akan mengalami kesulitan dalam perkaliannya.
Nama Siswa :
....................................... Kelas
: ........................................
Tanggal :
.............................................
PETUNJUK PENILAIAN
LEMBAR KERJA
SISWA (LKS)
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Skor
Maksimal
|
Skor
yang dicapai
|
Keterangan
|
1.
|
Hasil Kerja
|
1.
Menjawab benar
dan lengkap
2.
Menjawab benar
dan lengkap
3.
Menjawab benar
dan lengkap
|
35
30
35
|
||
Jumlah skor
yang dapat dicapai
|
100
|
PETUNJUK PINILAIAN
Nama Siswa :
...................................... Kelas
: .........................................
Tanggal :
............................................
Kunci
LP 1 : Proses
Jawaban
1. Skala Mendatar
2. Skala Tegak
PETUNJUK PENILAIAN
LP 1 : Proses
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Skor maksimal
|
Skor yang dicapai
|
Keterangan
|
1.
|
Hasil
kerja
|
1.
Jawaban benar
2.
Jawaban benar
|
50
50
|
||
Jumlah skor yang dapat dicapai
|
100
|
Keterangan :
A : 81 – 100
B : 61 – 81
C : 41 – 50
D : 0 – 40
Format Penilaian
( Assesmen ) Keterampilan Berbahasa dan Penguasaan Materi
Nama/ No. Induk :
.....................................................................
Kelas :
....................................................................
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Siswa
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Menjelaskan materi mengenai pengertian
menggambar teknik
|
30
|
|||
2.
|
Menjelaskan secara lengkap
tentang skala secara mendatar dan tegak
|
30
|
|||
3.
|
Menyampaikan materi di depan
kelas dengan baik dan lancar
|
20
|
|||
4.
|
Keterampilan berbahasa dalam
menyampaikan materi
|
20
|
|||
Skor Total
|
100
|
Surabaya,
...........................................2012
Siswa Guru
(...................................................) (.........................................................)
LP 1 : Format
Pengematan Perilaku Berkarakter
Petunjuk :
Untuk
setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atau perilaku
berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini :
D = Memerlukan ;
C = Menunjukan ; B = Memuaskan ; A = Sangat baik
Pebaikan Kemajuan
Kelas : X GB 1
NO
|
NAMA
|
DISIPLIN
|
JUJUR
|
MANDIRI
|
TELITI & KREATIF
|
1.
|
...................................
|
Surabaya,
..................................2012
Pengamat
(.......................................)
LP 3 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Petunjuk
Untuk
setiap perilaku berkarakter berikut ini : beri penilaian atas keterampilan
sosial siswa menggunakan skala berikut ini :
D = Memerlukan ;
C = Menunjukan ; B = Memuaskan ; A = Sangat baik
Pebaikan Kemajuan
Kelas : X GB 1
NO
|
NAMA
|
MENGHARGAI
PENDAPAT
|
MENYAMPAIKAN
PENDAPAT
|
PENDENGAR YANG
BAIK
|
1.
|
.....................................
|
Surabaya,
.........................................2012
Pengamat
(......................................)
MODUL
Pertemuan 2 :
Indikator / Tujuan :
1.
Siswa dapat
menggambar symbol-symbol bahan dan monstruksi bangunan
Praktek :
A.
Lembar Kerja
A.1. Alat yang digunakan
Alat yang digunakan
pada kegiatan belajar pertemuan ke 2 meliputi :
a.
Meja gambar atau
meja yang dapat digunakan untuk menggambar.
b.
Penggaris segi
tiga siku 1 set no. 12
c.
Pensil 2B 1 Buah
d.
Penghapus
e.
Busur
f.
Rapidho atau
Drawing Pen. (0,1 dan 0,5 )
g.
Sablon Huruf 3
mm, 5 mm
h.
Orotan / Pemes.
A.2.
Bahan yang digunakan
Bahan yang digunakan pada kegiatan
belajar pertemeuan ke 2 meliputi :
a.
Kertas gambar A3
b.
Selotip untuk
menempel kertas gambar pada meja gambar
A.3. Keselamtan
Kerja
a. Pergunakan peralatan sesuai dengan fungsinya
b. Penerangan ruangan harus cukup
c. Kerjakan dengan teliti dan hati-hati.
A.4.
Langkah-langkah menggambar :
1. Siapkan alat dan bahan-bahan yang telah
ditetapkan
2. Buatlah garis tepi pada kertas gambar dengan
jarak 1 cm dari setiap sisi.
3. Rencanakan kerangka awal untuk
menggambar dengan rumus
A = X - 5 cm (
banyaknya jarak antara kotak yang akan direncanakan dalam sumbu X kertas
4 ( banyaknya kotak yang akan kita buat
dalam sumbu X kertas
B
= Y– 5 cm (banyaknya jarak antara kotak yang akan direncanakan dalam sumbuh Y
kertas)
2 ( banyaknya
kotak yang akan kita buat dalam sumbu Y kertas
Dimana :
X = panjang
garis tepi arah Horisontal (cm)
Y = panjang
garis tepi arah Vertikal (cm)
3. Setelah
semua kotak telah direncanakan maka ambil langkah selanjutnya yaitu membuat kop
gambar yang terletak dipojok kanan bawah dari kertas gambar, dengan ukuran 10
cm x 4 cm.
A.5. Yang
harus diperhatikan dalam menggambar garis
1.
Kotak 1 berisi gambar symbol pangkal kayu
2.
Kotak 2 berisi symbol untuk tembok
3.
Kotak 3 berisi symbol untuk beton bertulang
4.
Kotak 4 berisi symbol untuk batu kali
5.
Kotak 5 berisi symbol untuk pasir urug
6.
Kotak 6 berisi symbol untuk tanah urug
7.
Kotak 7 berisi symbol untuk kerikil
8.
Kotak 8 berisi untuk symbol anyaman
LP. 3. Menggambar Jenis Garis
1. Buatlah
gambar sesuai dengan contoh berikut !
Penilaian
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
Jumlah
|
|||
1.
2
3
4
5
6
|
Skala gambar (jarak dan sudut)
Tebal tipis garis
Ketepatan notasi dan ukuran
Ketepatan gambar
Ketepatan sudut
Kebersihan / kerapihan gambar
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
Jumlah
|
Kriteria : A = 90 – 100 (Sangat baik)
B = 70 – 89 (Baik)
C = 50 – 69 (Cukup)
D = 0 – 49 (Kurang)
terimakasih banyak
BalasHapus