Search

Sabtu, 11 April 2015

RPP TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (MENJELASKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMK Negeri 5 Surabaya
Program Keahlian         : Teknik Gambar Bangunan
Mata Pelajaran               : Gambar Teknik Bangunan
Topik Pelajaran             : Menjelaskan Dasar-dasar Gambar Teknik
Kelas/ Semester             : X / 1
Alokasi Waktu               : 12 x 45 menit
                                                                                                                                               

A.   Kompetensi Inti SMK Kelas X
1.      Menghayati dan mengamalkan jaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humoniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan pada peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah tentang gambar teknik.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan menciptakan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berfikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.1 Mampu mentrasformasikan diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar gambar teknik.
2.3 Menunjukan sikap bertanggung jawab, rasa ingintahu, jujur dan perilaku peduli lingkungn
4.1 Menjelaskan Dasar-dasar Gambar Teknik


C. Indikator Pencapaian Konseptual
1. Dapat menjelaskan definisi menggambar teknik
2. Dapat menjelaskan pengertian dan fungsi skala
3. Dapat menentukan penerapan skala pada gambar.

D. Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan proses pembelajaran tentang dasar-dasar gambar teknik ini diharapkan siswa :
1.      Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran
2.      Bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik.
3.      Dapat menjelaskan definisi menggambar teknik
4.      Dapat menjelaskan pengertian dan fungsi skala pada gambar
5.      Dapat menentukan penerapan skala
6.      Dapat menghitung skala gambar

E. Materi Gambar Teknik
Pembelajaran ini mencakup pencapain kompetensi yang menjelaskan materi sebagai berikut :
·         Definisi menggambar teknik
·         Pengertian dan fungsi skala

F. Model/ Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran           : Pembelajaran langsung
Metode Pembelajaran         : ceramah, demonstrasi, tanya jawab
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø  KEGIATAN AWAL ( 10 menit )
Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
v  Guru mengawali pertemuan dengan salam.
v  Guru menyampainkan tujuan kegiatan pembelajaran memotivasi dan manfaat hasil belajar yang diperoleh siswa. (fase 1 )
v  Siswa menyimak prosedur yang disampaikan oleh guru (fase 1)




Keterangan :   1 : tidak kondusif
                        2 : cukup kondusif
                        3 : kondusif
                        4 : sangat kondusif
Ø  KEGIATAN INTI ( 165 menit )
Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
v  Dalam keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan tentang definisi menggambar teknik dan tujuan pengembangan konstruksi bangunan. (fase 2)
v  Dalam keadaan siswa duduk dan memperhatikan dari skala gambar. (fase 2)
v  Dalam keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan cara menskala gambar. (fase 2)
v  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan. (fase 3)
v  Guru memberikan lembar kerja siswa (LKS) sambil memberi pengarahan. (fase 3)
v  Siswa mengerjakan LKS, guru melakukan penilaian afektif.
v  Siswa menjawab secara lisan beberapa pertanyaan dari guru sebagai umpan balik. (fase 4)
v  Guru memberikan pelatihan lanjutan berupa lembar penilaian analisis dari materi yang telah didapat (fase 5)
v  Guru mengomentari jawaban siswa dan menyimpulkan hasil belajar secara keseluruhan.





Keterangan :   1 : tidak kondusif
                        2 : cukup kondusif
                        3 : kondusif
                        4 : sangat kondusif

Ø   KEGIATAN AKHIR ( 5 menit )

Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
v  Dalam keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan tentang definisi menggambar teknik dan tujuan pengembangan konstruksi bangunan (fase 2)
v  Dalam keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan pengertian dari skala gambar (fase 2)
v  Dalam keadaan siswa duduk dan memperhatikan, guru menjelaskan cara menskala gambar ( fase 2)
v  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan. (fase 3)
v  Guru memberikan lembar kerja siswa (LKS) sambil memberi pengarahan. (fase 3)
v  Siswa menjawab secara lisan beberapa pertanyaan dari guru sebagai umpan balik. (fase 4)
v  Guru memberikan pelatihan lanjutan berupa lembar penilaian proses kepada siswa berupa pertanyaan analisis dari materi yang telah didapat. (fase 5)
v  Guru mengomentari jawaban siswa dan menyimpulkan hasil belajar secara keseluruhan.




Keterangan :   1 : tidak kondusif
                        2 : cukup kondusif
                        3 : kondusif
                        4 : sangat kondusif

H. Hasil Penilaian
Penilaian selama kegiatan pembelajaran yang dilakukan didalam kelas dengan menggunakan LP 1 sampai LP 4.

I.        Sumber Belajar
Ø Modul : Teknik konstruksi bangunan, jilid 2
Ø Media ajar : LCD
Ø LKS
Ø LP 1 : Proses

·       
PENGERTIAN MENGGAMBAR TEKNIK
Gambar teknik merupakan suatu bentuk ungakapan dari suatu gagasan atau pemikiran mengenai suatu sistem, proses, cara kerja, konstruksi, diagram, rangkaian  dan petunjuk yang bertujuan untuk memberikan instruksi dan informasi yang dinyatakan dalam bentuk gambar, atau lukisan teknis.
Didalam bentuk industri, gambar teknik merupakan salah satu alat yang menunjang bagi kegiatan produksi, Hal itu disebabkan pada proses produksi gambar teknik yang dibutuhkan sebagai alat komunikasi antara perencana dengan pelaksana dalam bentuk bahasa gambar yang diungkapan secara praktis, jelas, mudah dipahami oleh kedua belah pihak. Untuk itu perencana harus memberikan gambar yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mudah dipelajari oleh pelaksana sehingga pelaksana dapat memberikan suatu kesimpulan yang benar mengenai bentuk dan ukuran dari benda kerja yang akan dibuat.
Dengan demikian menggambar teknik yang dimiliki oleh seorang teknisi berkaitan dengan perencanaan dan suatu metode penuangan ide yang hasilnya harus dapat dibaca oleh pihak-pihak lain yang terkait.
Keterampilan dasar yang dimiliki oleh seorang teknisi berkaitan dengan kemampuan menggambar teknik harus mampu memilih, menggunakan atau merawat peralatan gambar secara baik dan benar. Untuk memperoleh gambar teknik yang baik tentunya diperlukan perlatan yang baik pula.
Alat dan perlengkapan gambar yang dibutuhkan dalam menggambar teknik antara lain:
KERTAS GAMBAR
a.       Kertas kalkir
b.      Kertas manila
PENSIL GAMBAR
a.       Pensil batang
b.      Pensil mekanik
RAPIDO
PENGGARIS
a.       Penggaris T
b.      Penggaris segitiga
  JANGKA
a.       Jangka Biasa
b.      Jangka Bagi
c.       Jangka Pompa
d.      Jangka Pegas
e.       Batang Pemegang Pena Tarik
f.       Pena Tarik (TREK PEN)
PENGHAPUS dan ALAT PELINDUNG PENGHAPUS
  ALAT-ALAT PENUNJANG LAINNYA
a.       Busur Derajat
b.      Sablon Huruf dan Angka
c.       Mal Lengkung
d.      Mal Bentu
MEJA GAMBAR
 MESIN GAMBAR

·         SKALA GAMBAR
Skala Gambar
            Untuk menggambar benda dalam kertas gambar agar dapat dilhat dengan jelas maka perlu adanya pengaturan letak gambar dan besar kecilnya gambar. Dengan penampilan gambar sesuai dengan proporsi dan ketentuan dalam penggambaran maka gamabra akan terlihat menjadi baik. Skala adalah perbandingan antara obyrk aslinya turunan pandangan, baik perbandingan diperbesar atau pun perbandingan diperkecil dari bentuk aslinya.
Pada prinsipnya penggunaan skala dapat dibagi menjadi :
-          Skala mendatar (horisontal)
-          Skala tegak (vertikal)
-          Skala kemiringan
-          Skala balok
Cara perbandingan besaran skala :
Sebagai contoh kita mau menggunakan skala 1 : 100, sedangkan yang akan kita gunakan dalam penggambaran dalam milimeter (mm), dan obyek aslinya menggunakan meter (m), maka 1 m = 1000 mm.
Jadi penggambaran skala 1 : 100 menjadi 1000 mm : 100 mm = 10 mm = 1 cm untuk setiap 1 meter ( obyek aslinya).
·         Skala mendatar (horisontal)
Skala yang menyatakan arah perbandingan ukurannya mendatar
·         Skala Tegak (vertikal)
Skala yang menyatakan arah perhitungan perbandingan ukurannya tegak. Perbandingan ini biasanya dipergunakan untuk menyatakan ketinggian yaitu yang terlihat dalam gambar potongan.
·         Skala Kemiringan
Skala yang menyatakan perbandingan antara sisi tegak dan sisi mendatar, sehingga mendapatkan hasil kemiringan suatu lereng atau kemiringan dataran, dan dapat juga dipakai pedoman dalam menentukan kemiringan saluran untuk arah pengaliran.
·         Skala Balok
Skala yang menyatakan perbandingan antara ukuran gambar yang diperkecil atau diperbesar tidak sesuai aturan. Gambar balok sudah diukur berdasarkan skala awal. Jadi skala yang dibuat mengikuti perbandingan panjang balok, karena bila diperhitungkan akan mengalami kesulitan dalam perkaliannya.


Nama Siswa : .......................................                           Kelas : ........................................
Tanggal : .............................................

PETUNJUK PENILAIAN

LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
No
Aspek
Indikator
Skor Maksimal
Skor yang dicapai
Keterangan
1.
Hasil Kerja
1.      Menjawab benar dan lengkap
2.      Menjawab benar dan lengkap
3.      Menjawab benar dan lengkap
35

30

35



Jumlah skor yang dapat dicapai
100




PETUNJUK PINILAIAN
Nama Siswa : ......................................                            Kelas : .........................................
Tanggal : ............................................

                                                      Kunci LP 1 : Proses

Jawaban
1.      Skala Mendatar
2.      Skala Tegak


PETUNJUK PENILAIAN
LP 1 : Proses

No
Aspek
Indikator
Skor maksimal
Skor yang dicapai
Keterangan
1.
Hasil kerja
1.      Jawaban benar
2.      Jawaban benar
50
50



Jumlah skor yang dapat dicapai
100



Keterangan :
A : 81 – 100
B : 61 – 81
C : 41 – 50
D : 0 – 40

Format Penilaian ( Assesmen ) Keterampilan Berbahasa dan Penguasaan Materi
                  Nama/ No. Induk                    : .....................................................................
                  Kelas                                       : ....................................................................

No
Rincian Tugas Kinerja
Skor Maksimum
Siswa
1
2
3
1.
Menjelaskan materi mengenai pengertian menggambar teknik
30



2.
Menjelaskan secara lengkap tentang skala secara mendatar dan tegak
30



3.
Menyampaikan materi di depan kelas dengan baik dan lancar
20



4.
Keterampilan berbahasa dalam menyampaikan materi
20



Skor Total
100





Surabaya, ...........................................2012
                  Siswa                                                               Guru



(...................................................)                        (.........................................................)




                                                                                                                                        

LP 1 : Format Pengematan Perilaku Berkarakter
Petunjuk :
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atau perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini :
D = Memerlukan        ; C = Menunjukan       ; B = Memuaskan       ; A = Sangat baik
Pebaikan                     Kemajuan

Kelas : X GB 1

NO
NAMA
DISIPLIN
JUJUR
MANDIRI
TELITI & KREATIF
1.
...................................






                                                                        Surabaya,   ..................................2012
                                                                                                Pengamat




                                                                                    (.......................................)

                                                                                                                                   

LP 3 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

Petunjuk
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini : beri penilaian atas keterampilan sosial siswa menggunakan skala berikut ini :
D = Memerlukan        ; C = Menunjukan       ; B = Memuaskan       ; A = Sangat baik
Pebaikan                     Kemajuan

Kelas : X GB 1
NO
NAMA
MENGHARGAI PENDAPAT
MENYAMPAIKAN PENDAPAT
PENDENGAR YANG BAIK
1.
.....................................







                                                                                    Surabaya, .........................................2012
                                                                                                            Pengamat



                                                                                                (......................................)

                                                                                                                                               

MODUL
Pertemuan 2 :
            Indikator / Tujuan :
1.      Siswa dapat menggambar symbol-symbol bahan dan monstruksi bangunan
Praktek :

A.    Lembar Kerja
A.1. Alat yang digunakan
Alat yang digunakan pada kegiatan belajar pertemuan ke 2 meliputi :
a.       Meja gambar atau meja yang dapat digunakan untuk menggambar.
b.      Penggaris segi tiga siku 1 set no. 12
c.       Pensil 2B 1 Buah
d.      Penghapus
e.       Busur
f.       Rapidho atau Drawing Pen. (0,1 dan 0,5 )
g.      Sablon Huruf 3 mm, 5 mm
h.      Orotan / Pemes.
A.2. Bahan yang digunakan
Bahan yang digunakan pada kegiatan belajar pertemeuan ke 2 meliputi :
a.       Kertas gambar A3
b.      Selotip untuk menempel kertas gambar pada meja gambar
A.3. Keselamtan Kerja
a. Pergunakan peralatan sesuai dengan fungsinya
b. Penerangan ruangan harus cukup
c. Kerjakan dengan teliti dan hati-hati.
A.4. Langkah-langkah menggambar :
1. Siapkan alat dan bahan-bahan yang telah ditetapkan
2. Buatlah garis tepi pada kertas gambar dengan jarak 1 cm dari setiap sisi.
3. Rencanakan kerangka awal untuk menggambar dengan rumus
A = X - 5 cm ( banyaknya jarak antara kotak yang akan direncanakan dalam sumbu X kertas
4 ( banyaknya kotak yang akan kita buat dalam sumbu X kertas
B = Y– 5 cm (banyaknya jarak antara kotak yang akan direncanakan dalam sumbuh Y kertas)
2 ( banyaknya kotak yang akan kita buat dalam sumbu Y kertas
Dimana :
X = panjang garis tepi arah Horisontal (cm)
Y = panjang garis tepi arah Vertikal (cm)

3.      Setelah semua kotak telah direncanakan maka ambil langkah selanjutnya yaitu membuat kop gambar yang terletak dipojok kanan bawah dari kertas gambar, dengan ukuran 10 cm x 4 cm.
A.5. Yang harus diperhatikan dalam menggambar garis
1. Kotak 1 berisi gambar symbol pangkal kayu
2. Kotak 2 berisi symbol untuk tembok
3. Kotak 3 berisi symbol untuk beton bertulang
4. Kotak 4 berisi symbol untuk batu kali
5. Kotak 5 berisi symbol untuk pasir urug
6. Kotak 6 berisi symbol untuk tanah urug
7. Kotak 7 berisi symbol untuk kerikil
8. Kotak 8 berisi untuk symbol anyaman


LP. 3. Menggambar Jenis Garis
1.      Buatlah gambar sesuai dengan contoh berikut !

Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jumlah
1.
2
3
4
5
6
Skala gambar (jarak dan sudut)
Tebal tipis garis
Ketepatan notasi dan ukuran
Ketepatan gambar
Ketepatan sudut
Kebersihan / kerapihan gambar
A
B
C
D







Jumlah



Kriteria :          A = 90 – 100   (Sangat baik)
                        B = 70 – 89     (Baik)
                        C = 50 – 69     (Cukup)
                        D = 0 – 49       (Kurang)

1 komentar: