Search

Sabtu, 11 April 2015

RPP GAMBAR TEKNIK KELAS X/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                      : SMK NEGERI 2 SURABAYA
Mata Pelajaran                            :    GAMBAR TEKNIK
Kelas / Semester                         :    X / 1
Materi Pokok                              : Pengenalan dan penggunanaan    peralatan
                                                      serta kelengkapan gambar teknik
Sub Materi Pokok                       : • Penggaris
                                                      • Jangka
                                                      • Pensil
                                                      • Mal
                                                      • Penghapus
                                                      • Kertas
                                              
Alokasi Waktu                            : 4 X 45 Menit
                                                                                                                                   
A.    KOMPETENSI INTI
1  .      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2  .      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,             gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai             bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan             lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam                   pergaulan dunia.
3  .      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4  .   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
       Kompetensi Dasar
1.1  Menyadari sempurnanya konsep Tuhan tentang benda-benda  dengan fenomenanya untuk dipergunakan sebagai aturan garis-garis gambar teknik dan cara proyeksi untuk menggambarkan benda
1.2  Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam pembuatan gambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi untuk menggambarkan benda
Indikator
1.1.1        Mensyukuri kehidupan yang diberikan Tuhan dengan   memanfaatkan   waktu sebaik-baiknya.
1.1.2        Mensyukuri kisah Gambar Teknik hidupnya masing-masing sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
Kompetensi Dasar
2.1         Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan tanggung jawab dalam menerapkan aturan garis gambar dalam tugas menggambar konstruksi garis dan gambar proyeksi
2.2         Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun, demokratis, dalam  menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir dan cara menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi.
2.3         Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas  menggambar konstruksi geometris dan gambar proyeksi

Indikator
2.1.1  Mengambil hikmah dari kisah Gambar Teknik hidupnya masing-masing agar dapat menemukan pelajaran berharga bagi kehidupannya mendatang yang lebih baik.
2.1.2  Mengerjakan tugas-tugas terkait dengan kegiatan belajar mengajar dengan baik.
2.1.3  Berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Kompetensi Dasar
   3.1. Memilih peralatan dan kelengkapan gambar teknik berdasarkan fungsi dan cara penggunaan
Indikator
            3.1.1.Menjelaskan peralatan gambar teknik
         Kompetensi Dasar
            4.1  Menggunakan peralatan dan kelengkapan gambar teknik sesuai fungsi dan prosedur                                      penggunaan
         Indikator
4.1.1 Menerapkan penggunaan peralatan gambar teknik


  C. TUJUAN PEMBELAJARAN
     1.    Diberikan kesempatan siswa untuk membaca buku teks, siswa dapat menerangkan fungsi                     Peralatan Gambar Teknik
     2.  Dengan menganalisa buku teks, siswa dapat membedakan fungsi Peralatan gambar teknik
     3. Dengan bertanya jawab, siswa dapat menunjukkan manfaat belajar Memilih peralatan dan                       kelengkapan Gambar Teknik

   D. MATERI PEMBELAJARAN
        1.  Memilih Peralatan dan Perlengkapan Gambar Perkembangan
        1.1 Meja Gambar
Meja gambar yang baik mempunyai bidang permukaan yang rata tidak melengkung. Meja tersebut dibuat dari kayu yang tidak terlalu  keras misalnya kayu pinus. Sambungan papannya rapat, tidak berongga, bila permukaannya diraba, tidak terasa ada sambungan atau tonjolan. Meja gambar sebaiknya dibuat miring dengan bagian sebelah atas lebih tinggi supaya tidak melelahkan waktu menggambar. Meja gambar yang dapat diatur kemiringannya secara manual atau hidrolik. Manual pergerakan kemiringan dan naik turunnya dengan sistem mekanik, sedangkan meja gambar hidrolik kemiringan dan naik turunnya meja gambar menggunakan sistem hidrolik.
     Ukuran papan gambar didasarkan atas ukuran kertas gambar, sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Tetapi dapat juga disesuaikan dengan kebutuhan, umumnya ukuran papan gambar:
- lebar : 90 cm
- panjang : 100 cm
- tebal : 3 cm
       1.2..Menggunakan Pensil Gambar
Pensil untuk menggambar lain dengan pensil yang digunakan untuk menulis, baik kwalitetnya maupun kerasnya. Pensil gambar umumnya tidak disertai karet penghapus pada salah satu ujungnya. Selain itu biasanya kekerasannya dicantumkan pada salah satu ujung pensilnya. Standard kekerasan pensil dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Keras Sedang Lunak :
4H 3H 2B
5H 2H 3B
6H H 4B
7H F 5B
8H HB 6B
9H B 7B
   Cara meruncingkan pensil, dapat digunakan kertas ampelas caranya yaitu pensil dipegang antara jari telunjuk dan ibu jari dan waktu mengasah pensil diputar. Selain itu dapat juga dipakai pisau, caranya yaitu tekanlah punggung pisau dengan ibu jari pelan-pelan, atau dapat juga menggunakan alat peruncing. Jangan sekali-kali menggunakan meja gambar sebagai landasan untuk meruncingkan pensil
1.3 Menggunakan Penghapus
     Seperti telah kita ketahui penghapus terdiri dari beberapa macam yaitu :
- penghapus pensil
- penghapus tinta
- penghapus kapur tulis
     Penghapus yang dimaksud disini adalah penghapus yang digunakan untuk kertas gambar. Jadi dapat digunakan 2 macam penghapus yaitu penghapus pensil dan penghapus tinta. Untuk penghapus pensil pada kertas gambar biasa ( putih ) umumnya hampir sama. Kita dapat menggunakan dari bermacam-macam merk demikian juga untuk penghapus tinta. Sedangkan untuk penghapus pada kertas kalkir, biasanya digunakan yaitu :
·   Penghapus pensil : biasanya dipakai penghapus dari merk standard, staedtler atau rotring
·  Penghapus tinta :biasanya digosok dengan silet, kemudian dihaluskan dengan penghapus tinta biasa. Atau dapat juga digunakan penghapus dari merk rotring
1.4 Menggunakan Jangka
     Jangka digunakan untuk menggambar lingkaran atau busur lingkaran. Jangka mempunyai        dua kaki ujung kaki yang satu dari logam runcing yang diperkuat dengan skrup. Sedangkan      pada kaki yang lain dapat diisi dengan :
- ujung pensil
- trek pen
- jarum jangka, untuk membagi atau mengukur
- devider ( jangka tusuk )

E.    METODE PEMBELAJARAN
       Pendekatan     : Keterampilan Proses
       Model              : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
       Metode            : 1. Ceramah Bervariasi
                                 2. Tanya Jawab
                                 3. Diskusi
                                 4. Penugasan
                                 5. Presentasi / Pelaporan
F.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :      
a. Laptop, CPU
b. LCD Projector
c. Gambar
d. Tabel / Diagram
2. Sumber Belajar     :
·         Sato G., Takeshi, N. Sugiharto H (1983), “Menggambar Mesin menurut Standar  ISO”,  PT. Pradnya Paramita, Jakarta
·         Hantoro, Sirod dan Parjono. (2005), “Menggambar Mesin” Adicita, Jakarta
·         Tables for the electric trade (GTZ) GmbH,Eschborn Federal Republic of Germany
Buku referensi dan artikel yang sesuai.
G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
   1. Pendahuluan ( 10 menit )
       a. Motivasi dan Apersepsi
           Guru memperkenalkan diri dengan cara menceritakan biografi diri sendiri secara singkat.                Kemudian guru meminta salah seorang siswa juga menceritakan biografi singkatnya.                      Kemudian guru mengkaitkan kisah biografi singkat ini dengan istilah GAMBAR TEKNIK.
   b. Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran
2.   Kegiatan Inti ( 160 menit )
    a. Mengamati
1.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati gambar-gambar tentang peralatan gambar teknik.
2.    Siswa mengamati gambar-gambar peralatan gambar teknik.
   b. Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesisi)
1.    Guru memberikan kesempatan dan memberikan dorongan kepada seluruh siswa untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan gambar yang telah disajikan,
2.    Siswa mengajukan pertanyaan sehubungan dengan gambar dan tabel yang disajikan, seperti,
a.    Apakah kaitan antara gambar peralatan gambar dengan istilah Gambar Teknik ?
b.    Apakah manfaat belajar gambar teknik ?

   c.    Mengumpulkan data/eksperimen/observasi/mengamati
1.    Siswa mengumpulkan data untuk menemukan jawaban dengan membaca buku paket dan sumber-sumber lainnya.
2.    Siswa memberikan tanda pada kata-kata kunci (key word) pada buku teks dan membuat ikhtisar

   d.    Membuat Asosiasi (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
1.    Siswa merumuskan kaitan antara gambar peralatan gambar dengan  pengertian gambar teknik.
2.    Siswa menemukan contoh konkrit dalam kehiduan sehari-hari tentang pentingnya kita belajar gambar teknik atau belajar dari pengalaman.

   e.    Mengkomunikasikan
1.    Siswa membuat silsilah macam-macamperalatan gambar.
2.    Siswa memebuat presentasi tentang fungsi peralatan gambar teknik.
3.    Dengan bimbingan guru, siswa menyusun tabel perbedaan antara fungsi peralatan gambar teknik manual dan mesin gambar
4.    Dengan bimbingan guru siswa membuat contoh cara memanfaatkan peralatan gambar teknik
5.    Siswa mempresentasikan hasil karya di depan kelas.
3.    Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
b.    Memberikan apresiasi terhadap semua siswa yang terlibat aktif dan kondusif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
c.    Melakukan refleksi terhadap seluruh kegiatan belajar mengajar.
d.    Mengajak siswa untuk bersama-sama mengucapkan rasa syukur

H. PENILAIAN 
     1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
1. Pengamatan Sikap
1. Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
2. Portofolio
2.  Panduan Penyusunan Portofolio
3.  Tes Tertulis
3.  Tes Uraian dan Pilihan Ganda

     2. Lembar Pengamatan Sikap

No.
Aspek yang Dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Mengagumi mata sebagai alat indera ciptaan Tuhan




2
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





3.    Lembar Penilaian Sikap

No
Aspek yang Dinilai
Rubrik
1
Mengagumi terbentuknya kehidupan di muka bumi sebagai ciptaan Tuhan

3:    Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap materi pelajaran terkait dengan ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2:    Belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap keseluruhan kegiatan belajar mengajar.

1:    Belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap belum menunjukkan kekaguman terhadap keseluruhan kegiatan belajar mengajar dengan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

2
Menunjukkan rasa ingin tahu (curiosity)

3:    Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

2:    Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif ketika diminta atau disuruh.

1:    Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.

3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok


3:    Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

2:    Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.

1:    Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai


PEDOMAN PENILAIAN
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria Nilai
9-10
8
6-7
0-5
1.
Ketepatan jawaban
Hampir sama kunci dengan jawaban
Jawaban berbeda tapi maksud jawaban sama dengan kuci jawaban.
Jawaban kurang sempurna.
Jawaba tidak jelas.
2.
Kelengkapan jawaban berdasarkan kata-katanya.
Sangat lengkap (maksimal 2 jawaban)
Lengkap ( 2 jawaban )
Kurang lengkap ( 1 jawaban )
Tidak ada jawaban
3.
Penjelasan jawaban

Sangat lengkap (maksimal 2 jawaban)
Lengkap ( 2 jawaban )
Kurang lengkap ( 1 jawaban )
Tidak ada jawaban






KATEGORI PENILAIAN PORTOFOLIO

Nilai akhir = skor total X 100Jumlah soal

Jumlah nilai yang didapat
Kategori Penilaian
76 – 100
A (Sangat Baik)
66 – 75
B (Baik)
50 – 65
C (Cukup)
0 – 50
D (Buruk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar