Search

Jumat, 10 April 2015

RPP Konstruksi Kayu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                         : SMKN 1 SIDOARJO
Program Keahlian         : Teknik Konstruksi Kayu
Mata Pelajaran              : Pelaksanaan Konstruksi Kayu
Kelas/Semester             : XI/1
Kompetensi Dasar        : Mengolah pembuatan kusen, daun pintu dan jendela kayu.
Penampilan ke               : 4
Aloksi Waktu                : 4x45 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.   Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.   Menghayatidan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong,           kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian        dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial       dan alam serta dalam menempatkandiri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan               metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,         dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait             penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan                        pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan              kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
       Kompetensi Dasar
1.1.  Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap          kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur kebutuhan manusia terhadap                 kebutuhan papan yang berkaitan dengan Teknilogi Konstruksi Kayu.
Indikator
1.1.1. Mensyukuri atas segala yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa dengan memanfaatkan waktu              sebaik-baiknya.
1.2.1. Mensyukuri atas segala ciptaaNya dengan menerapkan dalam kehidupan yang berkaitan dengan          ilmu bangunan.

Kompetensi Dasar
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; tekun; cermat;               tekun; hati-hati; bertanggung jawab; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktifitas       sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi       melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan dan melaporkan hasil percobaan pada         bidang penyediaan kebutuhan akan konstruksi kayu sebagai cerminan kehidupan dan  pergaulan          bermasyarakat.
Indikator
2.1.1. Bersikap peduli dan bertanggung jawab dengan menemukan pelajaran berharga pada                           konstruksi kayu bagi kehidupan mendatang yang lebih baik.
2.2.1.   Bekerja secara individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari.

Kompetensi Dasar 
4.1         Mengolah pembuatan kusen, daun pintu, dan jendela kayu.
Indikator
4.1.1 Menyajikan pembuatan kusen pintu.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1.1  Terlibat dalam proses pembelajaran siswa dapat mensyukuri atas segala yang diberikan Tuhan            Yang  Maha Esa dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, sesuai dengan LP 1.
1.2.1 Terlibat dalam proses pembelajaran siswa dapat mempercayai dan meyakini atas segala                        pemberian dan kenikmatan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan LP 1.
4.1.1 Siswa dapat mengkomunikasikan sifat dan karakteristik membuat kusen pintu dengan benar,                sesuai LP 4.

D.   MATERI PEMBELAJARAN
Melaksanakan pembuatan kusen pintu (Job Sheet terlampir).

E.    METODE PEMBELAJARAN
1.      Model           : Pembelajaran Langsung.
2.      Metode         : Ceramah, Diskusi, Penugasan.
Sintaks model pembelajaran kooperatif ( Diskusi kelompok )
1.    Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik.
2.    Fase 2 : Menyajikan informasi.
3.    Fase 3 : Mengorganisir peserta didik kedalam tim – tim belajar.
4.    Fase 4 : Membantu kerja tim belajar.
5.    Fase 5 : Mengevaluasi.
6.    Fase 6 : Memberikan pengakuan atau penghargaan.

F.            MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.        Media
·         Papan tulis, Spidol, Penggaris

2.        Alat
·         Peralatan praktek kayu :
o   Mistar
o   Siku-siku
o   Pensil
o   Perusut
o   Gergaji
o   Ketam
o   Palu kayu
o   Pahat
o   Blog amplas
o   Kertas amplas
o   Kras pen
o   Siku verstek
3.        Sumber belajar
·           Buku paket Modul Konstruksi Kayu

G.       LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.        Pendahuluan (± 15 menit)
1.      Menyampaikan salam pembuka untuk memulai pelajaran. (Fase 1)
2.      Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai wujud dari sikap disiplin. (Fase 1)
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan tata cara membuat kusen pintu yang          baik dan benar. (Fase 1)
4.      Memotivasi siswa dengan memperlihatkan contoh kusen pintu. (Fase 1)

b.      Inti (± 150 menit)
a.      Mengamati
     1.  Siswa membaca job sheet materi tentang cara mebuat sambungan T lubang pen dengan verstek            yang baik dan benar.(Fase 2)
    2. Guru mengamati siswa membaca job sheet materi tentang cara membuat kusen pintu yang baik          dan benar. (Fase 2)
b.    Menanya
    1. Masing–masing siswa membuat pertanyaan  secara aktif dan mandiri tentang bentuk dan fungsi           serta cara membuat kusen pintu dari job sheet yang sudah dimilikinya.(Fase 2)
    2. Siswa menanyakan peralatan yang digunakan untuk membuat kusen pintu.(Fase 2)
c.    Mengeksplorasi
   1. Siswa mengumpulkan data untuk menemukan jawaban yang berkaitan dengan cara membuat              kusen pintu yang baik dan benar. (Fase 2)
   2.  Siswa memberikan jawaban dari  pertanyaan terkait dengan cara membuat kusen pintu. (Fase 2)
d.  Mengasosiasi
   1. Mengakategorikan data atau informasi tentang cara membuat kusen pintu yang baik dan benar,           selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks             terkait dengan cara membuat sambungan kayu.(Fase 2)
   2. Siswa menganalisa contoh-contoh hasil kusen pintu yang sudah ada. (Fase 2)
e.  Mengkomunikasikan
   1.Guru menginstruksikan siswa membentuk kelompok kecil (terdiri dari 2 siswa) untuk                           menyampaikan hasil pertanyaan yang sudah dibuatnya.(Fase 3)
   2. Meminta siswa bergabung membentuk kelompok (besar terdiri dari 4 siswa) untuk membahas              pertanyaan yang belum terjawab. (Fase 3)
  3.Perwakilan siswa dari masing – masing kelompok menyampaikan pertanyaan yang sudah                    terjawab,     dan kelompok lain memberikan tanggapan. (Fase 3)
  4. Jika semua kelompok belum bisa menjawab pertanyaan, maka guru yang akan memberi                       penjelasan      tentang materi yang sedang dibahas. (Fase 4)
f.    Menarik kesimpulan
   1. Siswa secara berkelompok ataupun secara individu menarik kesimpulan pembelajaran hari ini             sesuai dengan materi yangelah diberikan.(Fase 4)

c. Penutup (± 15 menit)
  1. Bersama-sama guru dan siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran untuk materi membuat           kusen pintu.(Fase 5)
 2. Memberikan apresiasi terhadap semua siswa yang terlibat aktif dan kondusif selama kegiatan               pembelajaran berlangsung. (Fase 5)
 3.     Melakukan refleksi terhadap seluruh kegiatan belajar mengajar. (Fase 5)
 4.  Mengajak seluruh siswa untuk bersama-sama mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang              Maha Esa atas segala rahmat pengetahuan yang telah diberikan. (Fase 6)

H.       PENILAIAN

1.      Jenis/teknik penilaian dan bentuk instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
1.      Pengamatan sikap
2.      Tes tertulis
3.      Unjuk Kerja
1.      Lembar pengamatan sikap
2.      Tes uraian
3.      Kriteria Penilaian Kinerja

2.      Pedoman penskoran
Lembar pengamatan sikap
No.
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1.

2.
3.
Mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu  maupun kelompok





Kriteria Penilaian Kinerja
No
Rincian Tugas Kinerja
Skor Maksimum
Skor Asesmen
Oleh siswa sendiri
Oleh Guru
1
Menyiapkan peralatan
10


2
Lukisan
25


3
Ketepatan sambungan
25


5
Ketepatan ukuran dan bentuk
30


6
K3LH
10


Skor Total
100








Tidak ada komentar:

Posting Komentar