RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMKN 1 SIDOARJO
Program Keahlian : Teknik Konstruksi Kayu
Mata Pelajaran : Pelaksanaan Konstruksi Kayu
Kelas/Semester : XI/1
Kompetensi Dasar : Mengolah pembuatan kusen, daun
pintu dan jendela kayu.
Penampilan ke : 4
Aloksi Waktu : 4x45 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menghayati
dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2. Menghayatidan
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkandiri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2. Menyadari kebesaran
Tuhan yang menciptakan dan mengatur kebutuhan manusia terhadap kebutuhan papan
yang berkaitan dengan Teknilogi Konstruksi Kayu.
Indikator
1.1.1. Mensyukuri atas segala yang diberikan Tuhan
Yang Maha Esa dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.
Kompetensi
Dasar
2.1. Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; tekun; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan diskusi.
2.2. Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan dan melaporkan hasil
percobaan pada bidang penyediaan kebutuhan akan konstruksi kayu sebagai
cerminan kehidupan dan pergaulan bermasyarakat.
Indikator
2.1.1. Bersikap
peduli dan bertanggung jawab dengan menemukan pelajaran berharga pada konstruksi
kayu bagi kehidupan mendatang yang lebih baik.
2.2.1. Bekerja
secara individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
4.1
Mengolah pembuatan kusen, daun
pintu, dan jendela kayu.
Indikator
4.1.1 Menyajikan pembuatan kusen pintu.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1.1 Terlibat
dalam proses pembelajaran siswa dapat mensyukuri atas segala
yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa dengan memanfaatkan
waktu sebaik-baiknya,
sesuai dengan LP 1.
1.2.1 Terlibat
dalam proses pembelajaran siswa dapat mempercayai dan meyakini
atas segala pemberian dan kenikmatan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan LP 1.
4.1.1 Siswa
dapat mengkomunikasikan sifat dan karakteristik membuat
kusen pintu dengan benar, sesuai LP 4.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Melaksanakan pembuatan kusen pintu (Job Sheet
terlampir).
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Model : Pembelajaran Langsung.
2.
Metode : Ceramah,
Diskusi, Penugasan.
Sintaks model
pembelajaran kooperatif ( Diskusi kelompok )
1.
Fase
1 : Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan
peserta didik.
2.
Fase 2 : Menyajikan
informasi.
3.
Fase 3 : Mengorganisir
peserta didik kedalam tim – tim belajar.
4.
Fase 4 : Membantu kerja tim
belajar.
5.
Fase 5 : Mengevaluasi.
6.
Fase 6 : Memberikan
pengakuan atau penghargaan.
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1.
Media
·
Papan tulis, Spidol, Penggaris
2.
Alat
·
Peralatan praktek kayu
:
o
Mistar
o
Siku-siku
o
Pensil
o
Perusut
o
Gergaji
o
Ketam
o
Palu kayu
o
Pahat
o
Blog amplas
o
Kertas amplas
o
Kras pen
o
Siku verstek
3.
Sumber belajar
·
Buku paket Modul
Konstruksi Kayu
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan (± 15 menit)
1. Menyampaikan salam pembuka untuk memulai pelajaran. (Fase 1)
2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai wujud dari
sikap disiplin. (Fase 1)
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan tata
cara membuat kusen pintu yang baik dan benar. (Fase 1)
4. Memotivasi
siswa dengan memperlihatkan contoh kusen pintu. (Fase 1)
b.
Inti (± 150 menit)
a. Mengamati
1. Siswa membaca job sheet
materi tentang cara mebuat
sambungan T lubang pen dengan verstek yang baik dan benar.(Fase 2)
2. Guru mengamati siswa
membaca job sheet materi tentang cara
membuat kusen pintu yang baik dan benar. (Fase 2)
b. Menanya
1. Masing–masing siswa membuat pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang bentuk dan
fungsi serta cara membuat kusen pintu dari job
sheet yang sudah dimilikinya.(Fase 2)
2. Siswa menanyakan
peralatan yang digunakan untuk membuat kusen pintu.(Fase 2)
c. Mengeksplorasi
1. Siswa mengumpulkan data untuk menemukan
jawaban yang berkaitan dengan cara membuat kusen
pintu yang baik dan benar. (Fase 2)
2. Siswa memberikan jawaban dari pertanyaan terkait dengan
cara membuat kusen pintu. (Fase 2)
d. Mengasosiasi
1. Mengakategorikan
data atau informasi tentang cara membuat kusen pintu yang baik dan benar, selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang
lebih kompleks terkait dengan cara membuat sambungan kayu.(Fase 2)
2. Siswa menganalisa
contoh-contoh hasil kusen pintu yang sudah ada. (Fase 2)
e. Mengkomunikasikan
1.Guru menginstruksikan siswa membentuk kelompok kecil
(terdiri dari 2 siswa) untuk menyampaikan hasil pertanyaan yang sudah dibuatnya.(Fase
3)
2. Meminta siswa bergabung membentuk kelompok (besar terdiri
dari 4 siswa) untuk membahas pertanyaan yang belum terjawab. (Fase 3)
3.Perwakilan siswa dari masing – masing kelompok
menyampaikan pertanyaan yang sudah terjawab, dan kelompok lain memberikan
tanggapan. (Fase 3)
4. Jika semua kelompok belum bisa menjawab pertanyaan, maka
guru yang akan memberi penjelasan tentang materi yang sedang dibahas. (Fase 4)
f. Menarik
kesimpulan
1. Siswa secara
berkelompok ataupun secara individu menarik kesimpulan pembelajaran hari ini sesuai dengan materi yangelah diberikan.(Fase 4)
c. Penutup (± 15 menit)
1. Bersama-sama guru dan siswa membuat
kesimpulan hasil pembelajaran untuk materi membuat kusen pintu.(Fase 5)
2. Memberikan apresiasi terhadap semua siswa
yang terlibat aktif dan kondusif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. (Fase 5)
3. Melakukan refleksi terhadap seluruh
kegiatan belajar mengajar. (Fase 5)
4. Mengajak seluruh siswa untuk bersama-sama
mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat pengetahuan
yang telah diberikan. (Fase 6)
H. PENILAIAN
1.
Jenis/teknik penilaian dan bentuk instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
1. Pengamatan sikap
2. Tes tertulis
3. Unjuk Kerja
|
1. Lembar pengamatan sikap
2. Tes uraian
3. Kriteria Penilaian Kinerja
|
2.
Pedoman penskoran
Lembar
pengamatan sikap
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu
maupun kelompok
|
Kriteria Penilaian Kinerja
No
|
Rincian
Tugas Kinerja
|
Skor
Maksimum
|
Skor
Asesmen
|
|
Oleh
siswa sendiri
|
Oleh
Guru
|
|||
1
|
Menyiapkan peralatan
|
10
|
||
2
|
Lukisan
|
25
|
||
3
|
Ketepatan sambungan
|
25
|
||
5
|
Ketepatan ukuran dan
bentuk
|
30
|
||
6
|
K3LH
|
10
|
||
Skor Total
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar